Khasiat dari Daun Sungkai atau Jati Sabrang untuk Kesehatan

Khasiat dari Daun Sungkai atau Jati Sabrang untuk Kesehatan

 

Alhamdulilllah kasus covid-19 sudah menurun seiring dengan meningkatnya jumlah orang yang divaksin. Beberapa waktu lalu sempat heboh mengenai manfaat Daun Sungkai untuk mengobati infeksi COvid-19.  Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa Daun sungkai bisa mengobati infeksi Covid-19, namun sudah banyak penelitian terkait manfaat Daun Sungkai untuk kesehatan.

                Beberapa penelitian membuktikan bahwa Daun  Sungkai atau nama lainnya Jati Sabrang yang berasal dari tanaman Peronema canescens Jack, dan masih masuk kelas tanaman jati-jatian ini telah terbukti memiliki banyak khasiat, diantaranya Daun Sungkai memiliki aktivitas antioksidan yang masuk kategori sangat aktif, yakni mampu menghambat 50% radikal bebas dengan kadar 44,993 mikro gram per ml. Kulit kayu batang Tanaman Sungkai pun punya aktivitas antioksidan yang tak kalah dengan ekstrak daunnya.



Selain itu, ada satu penelitian yang membuktikan bahwa ekstrak daun sungkai yang diberikan pada hewan uji mencit mampu meningkatkan jumlah leukosit darah hingga 36%. Leukosit sendiri merupakan sel darah putih yang termasuk dalam pasukan sistem imun tubuh. Sehingga dengan meningkatnya jumlah leukosit darah, berarti  Daun Sungkai dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

                Barangkali semenjak pandemic Covid-19 ini kita sudah sangat jamak sekali mendengar mengenai sistem imun tubuh. Sebab satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit infeksi virus yang belum ada obatnya, ya dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Berarti kita punya harapan bahwa Daun Sungkai bisa dikembangkan sebagai obat Covid-19.

                Informasi lebih detailnya boleh disaksikan di video youtube-nya ya. Apabila dirasa bermanfaat, bolehlah dikasih like dan subscribe J

Post a Comment

0 Comments