Kiprah Ajo Helmi Wiratran (AHW) Untuk Ikatan Alumn Titian Teras (IATT)

Kiprah Ajo Helmi Wiratran (AHW) Untuk Ikatan Alumn Titian Teras (IATT)

 

Suatu saat, notifikasi gawai saya berdering. Saya dimasukkan ke satu grup aplikasi WhatsApp  (WA) almamater SMA. Sebenarnya saya lulus SMA belasan tahun yang lalu, tapi dengan teknoologi saat ini tak sulit untuk terhubung lagi dengan teman-teman dari masa lalu.

Layaknya grup WA, maka grup WA Alumni ini digunakan untuk bertukar kabar, melempar banyak informasi terusan, atau sekedar menebar lelucon. Tapi ada seorang kawan, Helmi Wiratran, yang mencetuskan ide untuk membuat sesuatu yang lebih berguna. Alasannya sederhana : kami saat ini telah bermetamorfosis dari sekedar anak SMA menjadi seseorang yang sudah memiliki peran tertentu di masyarakat. Maka dirancanglah webinar atau lebih tepatnya bincang-bincang  santai tiap minggunya untuk kami bertukar pikiran dan pengalaman.  Dari alumni untuk alumni. Dalam perjalanannya, webinar santai ini yang awalnya hanya teman satu Angkatan, berkembang menjadi ajang jumpa dan silaturahmi alumni SMA lintas Angkatan.

Tak kurang belasan webinar sudah dilaksanakan. Topiknya tentu bermacam-macam, tergantung expertise/keahlian narasumber yang ditunjuk. Teman yang bekerja di KPU, membahas mengenai Pemilu di Masa Pandemi, teman yang sudah sukses berwirausaha membagi pengalamannya berbisnis, teman yang penyuluh pertanian memberi tips memulai usaha berkebun ataupun pertanian, teman yang bekerja di bidang pertambangan dan energi memberikan materi mengenai kondisi dan prosespek ke depannya, dan lain-lain. Upaya transfer informasi dan pengalaman secara virtual ini dalam perjalanannya  tak hanya sekedar mentransfer materi, namun menjadi ajang silaturahmi dan nerworking, memunculkan ide-ide, bahkan ada beberapa yang akhirnya bisa berkolaborasi.

Berawal dari silaturahmi yang membaik, maka muncul ide untuk ‘menghidupkan’ kembali Ikatan Alumni Titian Teras (IATT), sebuah organisasi wadah alumni SMAN Titian teras yang terletak di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.  SMAN Titian Teras merupakan Sekolah Berasrama dan termasuk salah satu SMA Unggulan di Provinsi Jambi. Berdiri tahun 1997, alumni SMA Titian Teras kini jumlahnya mencapai ribuan orang dan memiliki peran masing-masing di masyarakat. Wadah Ikatan Alumni Titian Teras (IATT) harusnya bisa menjadi ajang berkolaborasi dan sinergi bagi alumni untuk bisa memberi manfaat bagi almamater, maupun Provinsi Jambi.

Agenda pertama untuk menghidupkan organisasi IATT mulai dari memilih pemimpin yang mumpuni. Helmi wiratran, yang saat ini bekerja di LRT Jakarta sebagai General Manager (GM), pun diusung sebagai bakal calon ketuan umum (ketum) Ikatan Alumni Titian teras.

Ajo Helmi Wiratran (Ajo berarti abang dalam Bahasa Minang) atau kerap disapa AHW bukanlah seorang bintang ketika SMA dahulu. Tapi saya ingat, karena saya masih terhubung saat kuliah di Yogyakarta hingga sama-sama bekerja di Jakarta, Helmi Wiratran kerap berpikir out of the box dan brilian dalam mengatur strategi, entah itu strategi memecahkan masalah maupun merancang perencanaan.  Kelebihan yang wajib dimiliki seorang pemimpin organisasi agar bisa berinovasi dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan organisasi. Suatu alasan yang bisa jadi pertimbangan utama saya dalam memiliki Ketua Umum Ikatan Alumni Titian Teras (IATT)

Post a Comment

0 Comments