Tips dan Trik berjualan di Marketplace : Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com

Tips dan Trik berjualan di Marketplace : Shopee, Tokopedia, dan Blibli.com

Berjualan online menjadi cara yang dipilih banyak orang untuk menambah penghasilan atau mungkin menjadi penghasilan utama di saat pandemik begini.

Membuat toko dan memajang produk di marketplace memang sangat mudah. Bisa dilakukan sembari rebahan. Lantas, apakah setelah mengupload produk, kemudian kita bisa berdiam diri dan produk akan terjual seketika? Nyatanya, tidak semudah itu. Sama seperti mengelola blog, ada tips dan trik yang perlu dilakukan agar jualan online laris manis di berbagai marketplace.  

Sesuai pengalaman pribadi saya, saya akan bahas cara meningkatkan Penjualan di Tokopedia, Shopee, dan blilbi.com. Pada dasarnya, fitur seller di marketplace ini hampir mirip, namun hanya sebutannya yang berbeda.

·         Tips dan Trik Berjualan di Tokopedia

Analisa produk terlaris dan kata kunci di Seller Tokopedia
Analisa produk terlaris dan kata kunci di Seller Tokopedia


 1. Nama produk yang dijual harus mengejar kata kunci dan spesifik. Misal saya jual baju tunik muslim. Maka sebaiknya tidak hanya ditulis ‘tunik muslim’. Namun disebutkan lebih detail nama produknya : ‘tunik muslim Merek A motif B I tunik murah ’

2.   Rajin update di feed. Ini berfungsi untuk follower toko kita melihat update terbaru produk yang diskon atau produk terbaru yang ada di toko

3.       3.       Bikin promo khusus toko. Misal voucher toko untuk pembelian nominal tertentu dapat diskon berupa persentase atau nominal tertentu. Promo khusus toko ini ada fiturnya baik di shopee maupun tokopedia.

4.        4. Iklan. Jadi di Tokopedia ada fitur power merchant. Nah power merchant ini punya akses ke top ads, yakni iklan yang ditawarkan tokopedia untuk toko agar muncul di halaman pertama dalam pencarian. Biaya iklan di tokopedia mulai dari 200 rupiah per klik.  Di TopAds kita bisa atur iklan muncul otomatis atau sesuai kata kunci tertentu. Produk yang diiklankan juga bisa diatur, apakah semua produk di toko atau hanya produk tertentu.

5.       5. Download aplikasi top seller. Selain memudahkan pengaturan penjualan, kita juga bisa cek penjualan terlaris dan kata kunci yang paling banyak dicari di tokopedia.

6.       6. Ikutan program gratis ongkir. Untuk bisa menjadi toko dengan program gratis ongkir di Tokopedia, maka toko harus menjadi Power Merchant dan mengaktifkan ekspedisi Anteraja dan atau SiCepat

 

·         Tips dan Trik Berjualan di Shopee

Perkembangan Shopee memang luar biasa. Dulu transaksi toko saya banyak di tokopedia, sekarang trafik pembeli yang sekedar tanya-tanya, sampai jumlah transaksi lebih banyak di shopee. ada banyak fitur yang bisa digunakan sebagai cara menaikkan penjualan di Shopee, yaitu : 

 

Macam-macam fitur promosi toko di Shopee
Macam-macam fitur promosi toko di Shopee

1.       1. Nama produk yang dijual harus mengejar kata kunci dan spesifik. Penjelasannya sama dengan di tokped.

2.       2. Bikin promo khusus toko. Voucher toko, bundling produk tertentu denga harga special, diskon pada event-event tertentu, misal menyambut ramadhan atau tahun baru, dsb.

 

3.       3. Fitur chat otomatis. Chat otomatis ini berguna untuk membalas pesan dari calon pembeli yang bertanya via chat pribadi.

4.       4. Broadcast otomatis. Message atau pesan akan muncul ke chat pelanggan yang menjadi followers toko. Bisa dimanfaatkan kalau ada pengumuman produk baru, kupon merchant, dsb. Tapi jangan terlalu sering broadcast ya, karena kalau sebagai konsumen saya merasa sedikit menyebalkan.

5.       5. Star seller dan mall. Mall biasanya untuk toko-toko yang sudah besar, merek tertentu, atau official store. Kalau reseller dengan jumlah transaksi tertentu maka bisa dapat rating Star Seller

6.       6. Fitur menaikkan produk. Jadi kita bisa menaikkan produk-produk lama yang sudah ‘tenggelam’  di toko. Produk ini akan kembali berada di urutan teratas daftar produk di toko. Maksimal menaikkan 5 produk tiap 4 jam.

7.       7. Rajin livestreaming dan feed. Jadi gak hanya sosial media toko yang harus diupdate, tapi toko online di marketplace pun hanya sering-sering update feed. Post di feed akan muncul di masing-masing followers toko. Isi post feed pun gak harus promosi produk, namun bisa juga tentang tips,trik, atau informasi tertentu.

8.           8. Kalau produk yang dijual banyak (>100) usahakan pakai fitur mass upload/ unggah missal.

9.       9. Ikutan program gratis ongkir. Sama dengan tokopedia, kita harus mendaftarkan toko di program gratis ongkir terlebih dahulu.

 

·         Tips dan Trik Berjualan di Blibli.com

Setelah post sebelumnya saya membahas mengenai cara berjualan di blibli.com.  Maka di post ini saya bahas mengenai tips berjualan di blibli.com

1.       1.Rating penjual. Jadi masing-masing toko di blibli memiliki rating toko yang berupa angka 0-100. Semakin tinggi rating berarti semakin baik. Angka Rating toko dinilai dari : kecepatan respon terhadap pesanan (35%), keaktifan me-maintain produk (15%), serta terstimoni pelanggan/ shopping experience (50%). Jadi kalau ingin menaikkan rating toko di blibli, maka ketiga aspek ini harus ditingkatkan. Kalau saya, biarpun sedang gak ada pesanan, saya tetap berusaha memelihara produk dengan cara : edit stok, edit price, tambah produk, dsb.

kriteria badge rating seller di blibli
Badge Rating Seller di Blibli


2.       2. Di blibli, toko dengan jumlah transaksi tertentu mendapatkan badge dengan kriteria diamond (500 transaksi dalam 6  bulan), gold (100 transaksi dalam 6 bulan), dan silver (25 transaksi dalam 6 bulan).

3.       3. Iklan. biaya memasang iklan produk di blibli.com cukup mahal (menurut saya), yakni minimal 2000 rupiah per klik bandingkan dengan biaya TopAds di tokopedia yang minimal hanya  200 rupiah per klik

4.       4. Download aplikasi blibli seller. Untuk mengatur lebih mudah toko via ponsel.

5.       5. Manfaatkan menu merchant analytics di aplikasi blibli seller. Di menu merchant analytic kita bisa melihat kata kunci pencarian yang paling banyak dicari, toko yang menawarkan produk, hingga produk trending dari kategori tertentu. Dengan merchant analytics kita bisa menyesuaikan dengan produk yang dijual.

analisa prpoduk terlaku di blibli.com
Rajin-rajin analisa produk terlaku di blibli.com


Jadi, apakah sudah siap menggaji admin toko online ? hehehe

 

Samarinda, Juni 2020


Post a Comment

0 Comments