Jualan Makin Laris dengan Fitur Click and Collect di Blibli.com*


           Sebagai entrepreneur pemula yang mencoba peruntungan dengan berjualan online, saya merasakan bahwa berjualan melalui e-commerce maupun marketplace mampu meningkatkan volum penjualan ketimbang hanya berjualan lewat sosial media. Terlebih, tiap marketplace dan e-commerce memiliki beberapa fitur untuk membantu seller berjualan online, misalnya kemudahan upload catalog yang di-link dengan media sosial tertentu, menu copy catalog, rate seller hingga fitur iklan.

Persaingan e-commerce, semakin ke sini bisa dibilang semakin berdarah-darah. Lantas, bagaimana caranya bisa tertahan dan terus berkembang ?.  Ya, salah satunya dengan terus berinovasi. Misalnya di Tahun 2019 ini blibli.com meluncurkan dua fitur unik, yakni Fitur Click and Collect serta QR Code.  Fitur Click and Collect merupakan inovasi in store yang disasar blibli untuk kemudahan seller dalam berjualan di blibli.com
Fitur pertama yakni Click and Collect merupakan layanan khusus bagi merchant agar dapat menjual produk offline dengan menikmat pembayaran online. Nah, di fitur ini, pembeli memilih barang dan  berbelanja online di blibli.com, kemudian dengan adanya  fitur Click and Collect, pembeli bisa mengambil sendiri barang yang sudah dipesan tadi di toko merchant yang telah dipilih sesuai waktu yang bisa ditentukan sendiri.. Misalnya, saat jam istirahat kerja saya berbelanja di aplikasi blibli.com, kemudian memilih menu click dan collect di toko Alfarmart yang letaknya paling dekat dengan rumah saya. Jadi sore hari, sembali pulang ke rumah,  saya  mampir ke Alfamart mengambil belanjaan saya.
Tampaknya sederhana, namun kalau di break down, ternyata fitur click and collect ini punya beberapa keuntungan untuk pembeli :

  •           Click and Collect di blibli.com bisa mempersingkat waktu belanja. Seringkali kita bingung memilih belanjaan dan menghabiskan waktu cukup lama ketika berada di toko/groceries. Sementara kalau belanja online, kita tinggal masuk ke menu pencarian/, pilih barang, bayar, dan selesai.
  •         Click and Collect di blibli.com bisa menghemat tenaga dan tidak perlu menunggu kurir. Karena belanjanya online, jadi bisa sambil rebahan atau santai. Selesai belanja, barang bisa segera diambil di toko, tanpa perlu menunggu kurir datang. Apalagi sering kejadian kurir datang di jam kerja, sementara rumah masih kosong. Kalau barang hanya diletakkan di depan rumah/pagar, rawan kecurian. Apalagi, kalau barang belanjaan merupakan barang groceries yang masih segar, lebih rawan lagi, karena bisa kucing bisa ikut mencuri, hehehe.
  •       Click and Collect di blibli  dapat diambil maksimal 7 hari setelah dipesan. Jadi setelah selesai memesan, kita gak perlu buru-buru mengambil barang ke toko di hari yang sama. Misalnya pembeli memesan di hari senin, maka pesanan bisa diambil saat libur akhir pekan di hari minggu.
Saat ini  fitur Click dan Collect masih menjangkau kota-kota besar, yakni di Jabodetabek, Bandung, Surabaya,  Semarang, dan Bali. Mudah-mudahan nanti secepatnya Click and Collect bisa dilayani hingga ke seluruh Indonesia.

lkeuntungan berjulalan dengan click and collect di blibli.com
Keuntungan berjualan dengan fitur Click and Collect


Terus, Apa saja keuntungan Click and Collect untuk seller  ?



  •       Click and Collect membuat Seller bebas dari keribetan packing barang, mengirimkan barang ke kurir, hingga memasukkan nomor resi pengiriman barang.  Seller jadi lebih hemat tenaga dan waktu. 
  •      Karena tujuan Click and Collect untuk memudahkan pembeli berbelanja di blibli.com, maka saat pembelian meningkat, penjual juga merasakan penjualan yang meningkat.
  •       Click and Collect meningkatkan penjualan offline,  misalnya saat pembeli datang ke toko untuk mengambil barang, karena lapar mata, bisa jadi ada tambahan barang lagi yang dibeli, di luar pesanan online.
  •    Peningkatan penjualan online. Click and Collect ini salah satu layanan untuk kenyamanan pelanggan.  Karena nyaman, otomatis pelanggan akan meningkat, atau bisa juga akan balik lagi (repeat order). Dan lagi-lagi yang diuntungkan tentunya seller yang berjualan online di blibli.com.
  •      Cocok untuk seller produk-produk elektronik atau produk yang nominal atau harganya mahal. Misalnya saya akan berbelanja handphone di blibli.com yang harganya sekitar 3 juta rupiah. Setelah membayar, saya bisa langsung ke toko merchant untuk memastikan keaslian dan kondisi barang apakah sudah sesuai.  Click and Collect juga menghindari kerusakan produk saat proses pengiriman barang menggunakan kurir

Untuk fitur kedua yakni QR code. Dengan menggunakan selular pintar, segalanya sekarang jadi lebih mudah. Termasuk memindai (scan) QR Code untuk berbagai keperluan mulai dari download berbagai hal di internet hingga melakukan pembayaran belanja dari e-wallet.  Di blibli.com, pembeli bisa melakukan scan QR code lewat website blibli.com untuk mendownload aplikasi blibli.com. QR code ini sangat berguna untuk menghindari kesalahan download aplikasi blibli.com yang muncul di playstore (android) dan Appstore (Apple). Karena selain aplikasi untuk berbelanja, blibli.com juga menyediakan aplikasi khusus untuk seller yang dinamakan Merchant Tool Application (MTA).

scan QR code lewat website blibli
Langkah Scan QR Code lewat website blibli. Sumber : blibli.com


Samarinda, Oktober 2019.
*Diikutsertakan dalam lomba blog blibli seller tahun 2019 

0 comments:

Post a Comment

thanks for your comment.

will be shown after moderation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.ericstrins.com . Powered by Blogger.