Tempat Makan (Enak) di Samarinda #3* Rumah Makan Pondok Borneo, Samarinda, Kalimantan Timur



RM Pondok Borneo  1, Jalan KH. Abul Hasan, Samarinda
RM Pondok Borneo 2 Jln. Remaja, Samarinda

Bicara kuliner di Samarinda, pasti gak bisa lepas dari menu seafood.  Harga rata-rata menu seafood di rumah makan di Samarinda relative lebih murah dibandingkan dengan seafood di Jakarta ya. Namun kalau mau membandingkan dengan harga rata-rata menu seafood di kampung asal saya, Kuala Tungkal, Jambi, maka  menu seafood di Samarinda masih tergolong mahal.

Lantai 2 RM Pondok Borneo 1 Samarinda
Lantai 2 RM Pondok Borneo 1 Samarinda


Nah, kalau tempat  makan favorit kami sekeluarga untuk menu ayam dan bebek itu di RM Pak Ndut. Maka kalau sedang pengen makan seafood, pilihan kami cuma di Torani atau di RM Pondok Borneo.  Kalau sedang pengen bandeng bakar ke Torani, kalau sedang pengen kepiting soka ke RM Pondok Borneo.  Bahkan menurut review tripadvisor, RM Pondok Borneo ini restoran terbaik di Samarinda. Saya sangat setuju sekali. The best seafood in town pokoknya!. Why?


1.       Harga relative murah. Tentunya dengan tambahan pajak 10%
2.   Menu banyak sekali macam-macamnya. Mulai dari steam, bakar, goreng, tom yam, lada hitam, bahkan mereka punya saos khas borneo.  Seafoodnya pun ada macam-macam: mulai dari kerang dara, kerang hijau, ikan laut, ikan sungai, kepiting, kepiting soka, cumi, dan tentu saja udang. Kalau baru pertama makan di sini, dijami bingung.
Selain menu yang banyak macam, dan semuanya enak. Sambal di RM Pondok Borneo ini juga enak-enak.  Ada dua macam sambal yang mereka sediakan.  Favorit saya,  sambal yang  ditambah pelam (mangga muda).
3.       Pelayanan cepat. Walaupun bukan tipikal restoran dining dengan tempat yang cozy, tapi pramusaji di sini cekatan sekali. Masakanpun biarpun fresh baru dimasak, tetap disajikan cepat. Tentu saja tidak secepat restoran cepat saji.
lantai 2 RM Pondok Borneo Samarinda
Lantai 2 RM Pondok Borneo 1 Samarinda



Hampir tiap satu bulan sekali saya sekeluarga selalu menyisihkan waktu (dan uang) untuk makan di RM Pondok Borneo.  Menu yang saya pesan hampir selalu sama: kepiting soka lada hitam, ca kangkung pedas, dan cumi saos telur asin. Biarpun cuma 3 menu, tapi sangat mengenyangkan buat dinikmati saya, suami, dan Amni. Rata-rata saya menghabiskan 200-250 ribu ruiah, tergantung variasi minuman, tambahan dessert dan kerupuk.  Harga per porsi nasi 6 ribu rupian, air es seribu rupiah, es teh di bawah 10 ribu rupiah, es kelapa muda 15 ribu, sedangkan harga seafood sangat reasonable dengan porsi lumayan.

beberapa harga menu di RM Pondok Borneo
Bill Pondok Borneo Samarinda


Untuk variasi masakan lada hitam, entah mengapa tidak ada di daftar menu, tapi kalau kita pesan  pasti selalu ada. Tipsnya, ya kalau Kawan suka masakan lada hitam, jangan terkecoh daftar menu, tapi boleh tanya dulu ke pramusajinya.  Untuk variasi saos telur asin bukan seperti saos telur asin yang telurnya meleleh semua, dan bentuknya jadi benar-benar seperti saos. Di Pondok Borneo, telurnya masih kelihatan, jadi benar-benar telur asin diiris tipis-tipis atau di smash gitu, baru kemudian dimasak bersama lauknya. Dan rasanya malah enaaaaak banget!.
kepiting soka lada hitam pondok borneo samarinda
Kepiting Soka Saos Lada Hitam


Saya selalu makan di RM Pondok Borneo cabang Abul Hasan.  Ini lokasi pertama RM Pondok Borneo. Bangunannya terkesan tua, parkirnya sempit, dan tanpa AC. Saya biasanya selalu memilih makna di lantai 2. Sebab di lantai 1, selain sempit, terasa panas sekali karena dekat dengan dapur serta bau asap karena tempat pembakaran kepiting dan sejenisnya persis di pintu masuk rumah makan. Menurut saya, yang lokasi pertama ini memang warungnya ala kadarnya saja. Just to enjoy the food, bukan ambience nya.

Sedangkan lokasi RM Pondok Borneo 2 ada di Jln. Remaja. Saya belum pernah makan di sini sih.  Tapi saya pernah lihat review youtuber Nex Carlos makan kepiting di Rumah Makan  Pondok Borneo 2. Bangunannya jauh lebih lega, bersih, instagramable, dan cocok buat yang ingin makan sekaligus meeting. Dan baru tahu  dari video Nex Carlos itu  kalau pemilik Pondok Borneo ini asli Pontianak.
                Pokoknya yang mau icip-icip menu kuliner tak terlupakan di Samarinda, wajib mampir ke Pondok Borneo.

*disclaimer : postingan ini tidak berbayar. Murni pengalaman pribadi penulis. Tanda # pada judul hanya menunjukkan urutan postingan, bukan peringkat rumah makan di Kota Samarinda.


Samarinda, Januari 2019

0 comments:

Post a Comment

thanks for your comment.

will be shown after moderation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.ericstrins.com . Powered by Blogger.