Cara Cek Izin Edar Kosmetik Lewat Website BPOM


Cara Cek Izin Edar Kosmetik Lewat Website BPOM

 Saatnya menulis lagi tentang obat. Kali ini, saya mau cerita bagaimana cara mengecek apakah kosmetik tersebut telah terdaftar di Badan POM. Ada dua alamat situs yang dapat Kawan gunakan, yaitu: www. cekbpom.bpom. go.id atau notikos.bpom.go.id.
Pada web cekbpom.bpom.go.id, Kawan dapat melihat produk kosmetik yang teregistrasi dan memiliki ijin edar. Nomor ijin edar ini juga wajib dilampirkan pada kemasan kosmetik tersebut. Kalau Kawan menemukan kosmetik di supermarket, atau toko-toko yang melampirkan nomor ijin edar pada label namun Kawan ragu, Kawan juga dapat memasukkan nomor tersebut pada web ini. Apabila nomor izin tersebut hanya nomor rekaan atau tidak.
Situs kedua adalah website notikos.bpom.go.id. Saat ini hampir semua kosmetik yang beredar di Indonesia memperoleh izin edar dengan sistem notifikasi. Dengan meng-klik menu informasi pada laman utama, Kawan dapat mengecek legalitas kosmetik apapun dengan memasukkan kata kunci  seperti merek kosmetik, bentuk sediaan, pabrik atau kata kunci lainnya pada kolom pencarian.
Kalau Kawan menemukan kosmetik yang labelnya tidak mencantumkan nomor notifikasi, jangan buru-buru curiga. Memang, Badan POM hanya mewajibkan mencantumkan nama dan alamat produsen pada label. Sedangkan nomor notifikasi boleh tidak dicantumkan pada label.
Bagaiaman untuk kosmetik import?. Well, notikos.bpom.go.id ini juga diperuntukkan bagi produsen atau importer kosmetik dalam mendaftarkan dan  memperoleh nomor notifikasi ijin edar kosmetik tersebut di Indonesia.


cara cek notifikasi kosmetik di website bpom
Notifikasi kosmetik online di web BPOM

0 comments:

Post a Comment

thanks for your comment.

will be shown after moderation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.ericstrins.com . Powered by Blogger.