Kosmetika Medik dan Bahan Kandungannya

Another post about drugs and (or) pharmacist.

Jadi, kali ini saya akan membahas beberapa kandungan /bahan aktif yang terdapat pada kosmetika medik atau medicated cosmetics. 
Kenapa disebut kosmetika medik? 
Ya, sebab bahan-bahan yang terkandung dalam produk kosmetika medika sebenarnya masuk dalam kategori obat dan tidak boleh diperjualbelikan secara bebas, termasuk pada kosmetik yang dijual bebas.

Jadi, biasanya istilah kosmetika medik ini merujuk pada produk-produk yang dapat Kawan peroleh dari Klinik Kecantikan.  Namanya klinik, pasti ada dokter dan apotek/instalasi farmasinya, sehingga produk produk yang masuk kategori obat bisa diberikan ke pasien.
Lalu, apa saja sih kandungan bahan yang sering digunakan dalam produk kosmetika medik (medicated cosmetic) ?
Beberapa diantaranya:

kosmetik medik


1.      Klindamisin
Klindimisin merupakan golongan antibiotik. Klindamisin tersedia dalam bentuk salep ataupun sediaan oral (tablet).  Klindamisin boleh ditambahkan dalam krim perawatan kulit hanya untuk alasan medis dan atas resep dokter.
Penggunaan klidamisin pada perawatan kulit wajah berfungsi sebagai antibiotik yang membunuh propionibacterium acnes. Akan tetapi tidak semua jerawat harus dibasmi dengan antibiotik.
Sebab sebenarnya propionibacterium ini termasuk jenis koloni bakteri yang secara normal hidup pada kulit. Namun, ia akan tumbuh pesat ketika pori-pori kulit tersumbat dan mengeluarkan suatu zat iritan yang dapat mengiritasi kulit dan akhirnya menimbulkan jerawat. Jadi tidak semua penyebab jerawat harus dibasmi dengan antibiotik. Tergantung tingkat keparahan. Penyebab lain yang mengakibatkan tersembatnya pori-pori juga harus diatasi.
Penyebab tersumbatnya pori-pori pun ada bermacam-macam. Bisa karena polusi udara, pori-pori tersumbat, konsumsi makanan yang menyebabkan produksi minyak berlebih, hingga pemakaian kosmetik. Nah, kalau bakteri nya dibasmi tapi penyebab pori-pori tersumbatnya tidak diatasi, jerawat tetap akan muncul kembali.  
      Dan yang perlu Kawan ingat, bahwa klindamisin adalah antibiotik. Pemakaian terus-menerus dapat menyebabkan resistensi. Kalau Kawan meminum Klindamisin tablet untuk mengatasi jerawat, Kawan perlu mempertimbangkan efek samping lain. Sebab klindamisin adalah antibiotik yang juga dapat mengobati infeksi bakteri pada bagian tubuh yang lain seperti saluran kencing, gusi, sendi, dan sebagainya.

2.  Hidrokuinon
Bahan aktif ini sudah tak asing diperbincangkan dalam dunia perkosmetikan. Memang stereotype cantik ala asia adalah berkulit putih cerah.  
Dan Hidrokuinon telah terbukti sangat ampuh memperbaiki warna kulit (bleaching). Hidrokuinon termasuk senyawa fenol aromatik yang sangat gampang teroksidasi dan berubah warna.  Ciri kosmetik yang mengandung hidorkuinon biasanya harus disimpan dalam lemari es, untuk menghindari hidrokuinon teroksidasi dan berubah warna menjadi coklat. Krim yang mengandung hidrokuinon umumnya merupakan krim  malam, karena kulit wajah yang diolesi hidrokuinon menjadi lebih sensitif terhadap sinar UV.
Hidrokuinon bekerja dengan cara memecah zat melanin (pewarna kulit). Sayangnya, hidrokuinon bekerja tanpa pandang bulu. Selain memecah zat melanin, hidorkuinon juga merusak enzim yang membentuk zat melamin. Ibaratnya, selain anaknya, induknya pun ikut dibunuh. Akibatnya produksi melamin terus menurun. Padahal kulit membutuhkan melamin untuk melindungi dari paparan sinar ultraviolet. Pemakain hidrokuinon dalam jangka waktu lama membuat kulit sangat rentan terhadap efek buruk dari sinar UV.
Selain itu, Hidrokuinon juga dapat menyebabkan efek ketergantungan. Ketika berhenti menggunakan krim yang mengandung hidrokuinon, seringkali muncul masalah baru yaitu kulit menjadi lebih kusam atau berwarna kehitaman (ochronisis). Hal ini disebut dengan rebound phenomena  Untuk menyiasati agar hal tersebut tidak muncul, penggunaan hidrokuinon harus dihentikan secara bertahap dengan dosis menurun (tappering off) dan diawasi oleh dokter.
Ochronisis sendiri merupakan  sindrom yang dapat disebabkan karena kelainan genetik atau bisa karena paparan senyawa fenol dari luar seperti hidrokuinon . Ciri dari ochronisis adalah warna kulit menjadi keabuan atau kebiruan. Ochronisis berisfat hampir irreversible, artinya sulit bagi kulit untuk kembali ke keadaan awal.

Namun hidrokuinon masih dapat digunakan untuk pengobatan kulit dengan kondisi tertentu. Menurut standar terapi dari World Health Organization (WHO), hidorkuinon direkomendasikan bersama asam retinoat dan obat golongan steroid untuk pengobatan flek hitam pada wajah (melasma). 

3.      Deksametason
Pada kosmetik, perlakuan deksametason sama seperti hidrokuinon dan klindamisin. Artinya masih boleh dicampur untuk krim wajah dengan alasan kondisi medis tertentu dan atas resep dokter.
Salah satu efek deksametason adalah mengurangi peradangan atau inflamasi. Lalu, kenapa deksametason sering dicampur pada krim wajah?.
Sebab krim wajah yang mengandung asam retinoat dan atau hidrokuinon, sering membuat kulit wajah berwarna merah atau terkesan mengelupas.  Nah deksametason ini berfungsi meredam atau mengurangi efek samping dari pemakaian hidorkuinon dan asam retinoat tersebut.
            Sering pula kejadian, pasien ke dokter hanya satu kali, kemudian menebus resep yang sama berulang-ulang. Padahal, pada obat-obat tertentu, seperti deksametason, pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan. Dan jika telah digunakan dalam waktu lama, tidak boleh dihentikan seketika, namun harus dengan penurunan dosis secara bertahap.

Efek samping lain yang sering terjadi adalah penipisan kulit. Padahal secara anatomi, kulit wajah sudah tipis. Pemakaian krim yang mengandung deksametason dan hidorkuinon dapat membuat kulit wajah semakin tipis, dan menjadi sangat sensitif terhadap ultraviolet.  Sehingga kulit wajah pun akan menjadi manja, rewel, dan perlu perawatan yang ekstra. Efek ini seolah menjadi siklus. Lupa membersihkan wajah sehari saja, langsung muncul banyak jerawat. Lupa menggunakan sunblock sehari, kulit langsung terbakar. Mau tidak mau konsumen harus melakukan perawatan wajah terus menerus. 

          Artikel ini tidak bermaksud mendiskreditkan pihak tertentu. Boleh-boleh saja merawat kulit wajah di Klinik Kecantikan. Dokter pasti tahu yang terbaik untuk pasiennya. But just to make sure, kita sendiri sebagai pemilik tubuh, juga pasti tahu apa yang terbaik dan apa yang diperlukan untuk tubuh dan wajah kita.

Stay healthy !

Samarinda, Desember 2017

3 comments:

  1. Selamat siang, warga negara saya yang hebat di indonesia nama saya Audrey Rizki dan saya tinggal di sini di Indonesia. Saya dan suami saya pergi ke hutang besar kepada debitor dan bank dan kami mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman di internet tetapi semuanya tidak berhasil. alih-alih, mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan penderitaan. mereka merobek kami dan sulit bagi kami untuk mendapatkan uang dan akhirnya meninggalkan kami rusak dan kering sampai saya datang akro dengan kesaksian di internet tentang perusahaan pinjaman cheryl martins dan saya menghubungi Ms. Cheryl Martins, dia menawarkan pinjaman meskipun di awalnya saya takut itu akan berakhir seperti pinjaman perusahaan lain yang saya temukan tetapi dia tidak seperti mereka. ia menawarkan kepada saya jumlah pinjaman sebesar Rp 350.000.000,00 dan dengan tingkat bunga 1% dan setelah proses akhir permohonan pinjaman saya, pinjaman saya ditransfer ke rekening bank saya beberapa jam setelah permohonan. Sangat mengejutkan bagi saya bahwa suami saya meminta saya untuk juga mengajukan pinjaman untuknya dan ibu yang setia mengejutkan kami berdua, Dia juga setuju untuk meminjamkan suami saya dan sekarang kami akhirnya melunasi hutang kami dan memulai bisnis kecil dengan pinjaman kami .
    Saya harap Anda semua tahu bahwa ada penipu palsu ada di sini di internet dan Anda harus sangat berhati-hati, silakan jika Anda membutuhkan pinjaman yang sesuai dan dapat diandalkan hubungi Ny. Cheryl martins melalui email berikut.
    cheril.martinsloanfirm@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan dan saran lebih lanjut tentang cara mengajukan pinjaman dari Ms. Cheryl martins audreyrizki50@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Selamat siang, warga negara saya yang hebat di indonesia nama saya Audrey Rizki dan saya tinggal di sini di Indonesia. Saya dan suami saya pergi ke hutang besar kepada debitor dan bank dan kami mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman di internet tetapi semuanya tidak berhasil. alih-alih, mereka membawa kita ke dalam lebih banyak utang dan penderitaan. mereka merobek kami dan sulit bagi kami untuk mendapatkan uang dan akhirnya meninggalkan kami rusak dan kering sampai saya datang akro dengan kesaksian di internet tentang perusahaan pinjaman cheryl martins dan saya menghubungi Ms. Cheryl Martins, dia menawarkan pinjaman meskipun di awalnya saya takut itu akan berakhir seperti pinjaman perusahaan lain yang saya temukan tetapi dia tidak seperti mereka. ia menawarkan kepada saya jumlah pinjaman sebesar Rp 350.000.000,00 dan dengan tingkat bunga 1% dan setelah proses akhir permohonan pinjaman saya, pinjaman saya ditransfer ke rekening bank saya beberapa jam setelah permohonan. Sangat mengejutkan bagi saya bahwa suami saya meminta saya untuk juga mengajukan pinjaman untuknya dan ibu yang setia mengejutkan kami berdua, Dia juga setuju untuk meminjamkan suami saya dan sekarang kami akhirnya melunasi hutang kami dan memulai bisnis kecil dengan pinjaman kami .
    Saya harap Anda semua tahu bahwa ada penipu palsu ada di sini di internet dan Anda harus sangat berhati-hati, silakan jika Anda membutuhkan pinjaman yang sesuai dan dapat diandalkan hubungi Ny. Cheryl martins melalui email berikut.
    cheril.martinsloanfirm@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan dan saran lebih lanjut tentang cara mengajukan pinjaman dari Ms. Cheryl martins audreyrizki50@gmail.com

    ReplyDelete

thanks for your comment.

will be shown after moderation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.ericstrins.com . Powered by Blogger.