#jadibisa Tetap Sabar dengan Traveloka

Tidak terasa, posting serial Where will you stay? yang saya tulis sudah mencapai angka 20 sekian. Belakangan, cerita mengenai pengalaman saya menginap di hotel agak menurun. Bukan apa-apa, memang frekuensi perjalanan saya tak sebanyak beberapa tahun sebelumnya.

Kenapa sih saya repot-repot menulis serial Where will you stay? Tak lain, tak bukan karena ada sensasi tersendiri ketika menginap di hotel atau tempat sejenisnya.  Sensasi senang, karena menginap di hotel berarti liburan. Sensasi jenuh, karena menginap di hotel bisa juga berarti tugas ke luar kota yang terus menerus. Dan adakalanya sensasi rindu, karena menginap di hotel berarti jauh dari rumah dan penghuninya.  

Kalau saya memesan hotel dalam rangka jalan-jalan atau bepergian dengan alasan pribadi,tentu faktor harga jadi yang paling penting.
booking hotel di traveloka
Aplikasi yang simpel dan loading yang cepat

Nah, memesan hotel lewat aplikasi atau website tertentu, harganya jauh lebih ekonomis ketimbang langsung memesan di hotel. Seandainya Kawan memesan hotel secara langsung, umumnya Kawan akan dikenakan publish rate. Apalagi kalau Kawan datang langsung ke hotel di hari H.

Sementara kalau Kawan memesan lewat website atau aplikasi, apalagi jauh-jauh hari, Kawan bisa mendapatkan harga promo atau diskon. Kalau mau dihitung, beda harga promo dan harga resmi bisa sampai ratusan ribu.

 Sebagai orang yang dulu pernah malang melintang di dunian per-traveling-an, saya cukup cekatan dalam memesan hotel dan pesawat. Bahkan keluarga dekat, seperti kakak-kakak, abang ipar, hingga suami, selalu menyerahkan tugas memesan tiket pesawat dan hotel ke saya.

Meskipun sekarang saya sudah jarang travelling, namun karena tugas itulah saya masih rutin memesan hotel dan tiket pesawat. Sebagai emak-emak satu anak yang juga bekerja, satu yang sangat saya perhitungkan adalah aplikasi yang membuat saya #jadibisa tetap sabar, gak bikin pusing dan ribet. Apalagi kalau yang mau berangkat liburan saya sekeluarga. Memilih dan memesan hotel hanya satu variabel dari serangkaian variabel lain yang harus saya siapkan demi liburan keluarga yang berkesan dan membahagiakan.
booking hotel di traveloka
Riwayat booking hotel dari masa ke masa

 Nah, Traveloka menyediakan apa yang menjadi kebutuhan saya tersebut.  Saya #jadibisa tetap sabar, Saya #jadibisa menghemat uang dan tentu saja saya #jadibisa menghemat waktu dengan Traveloka.

Satu yang pasti, aplikasi Traveloka ini sangat simpel dan mudah digunakan, ringan (tidak memakan space besar di memori), dan loadingnya cepat. Kan yang namanya pesan hotel, sama seperti belanja. Harus melihat-lihat dulu beberapa produk, baru kemudian menentukan pilihan. Kalau menggunakan aplikasi Traveloka, saya #jadibisa membandingkan tanpa harus kehilangan kesabaran. hehehe

Enaknya lagi, di Traveloka, harga yang tercantum adalah harga final, jadi saya gak perlu lagi menghitung-hitung persentase pajak dan harga akhir pemesanan hotel. Saya #jadibisa gak pusing memikirkan berapa harga akhir yang harus saya bayar.


Selain soal harga final dan melihat-lihat foto hotel, salah satu yang juga jadi pertimbangan saya dalam memilih hotel adalah dengan membaca pengalaman tamu yang telah menginap. Nah, score penilaian di Aplikasi Traveloka tersedia dari tamu yang menginap dengan memesan di Traveloka dan dari tamu yang mereview di Tripadvisor. Saya #jadibisa membandingkan kedua review tersebut, sebab kadang score penilaiannya bisa berbeda. Di Tripadvisor, jumlah reviewernya lebih banyak sehingga saya lebih condong mempertimbangkan reviewer di Tripadvisor.

pesan hotel di traveloka
harga yang tampil adalah harga final


Soal pembayaran, biasanya saya menggunakan CIMB Clicks. Belakangan, saya memang agak hati-hati menggunakan kartu kredit. Mengingat sudah dua kali kartu kredit saya kenal diretas. Di Traveloka, opsi pembayarannya cukup beragam seperti transfer atm, online service, hingga pembayaran di gerai-gerai tertentu. Saya #jadibisa gak menggunakan kartu kredit.  

Nah, overall, ada banyak hal yang  #jadibisa saya hemat dengan memesan hotel di Traveloka.  Mulai dari hemat waktu dalam memilih hotel dan menghitung harga, hemat uang dengan harga promo, hingga hemat tenaga dengan cara pemesanan yang ringkas dan proses pembayaran yang cukup sekali click.



1 comments:

thanks for your comment.

will be shown after moderation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.ericstrins.com . Powered by Blogger.