Tempat Makan (Enak) di Samarinda #1* Rumah Makan Ayam Goreng Surasam

Ayam Goreng Surasama
Alamat : Jln. Pasundan, SamarindaJln. Pangeran Suryanata, Samarinda.
Harga makanan :  Kisaran 8K - 20k


Gak terasa, sudah dua tahun lebih saya menetap di Samarinda. Samarinda ini bukan kota kecil. Lah wong, ibukota Provinsi kok. Tapi berhubung 10 tahun sebelumnya saya menetap di Pulau Jawa, ya kadang merasa kesulitan, terutama akses mendapatkan pilihan barang dan ragam kuliner.

Di sini tempat makan banyak, tapi variasinya yang sedikit. Apalagi kalau mau dibandingkan  dengan Yogyakarta, dimana saya menetap 6 tahun, dan Jakarta dimana saya pernah menetap selama 4 tahun. Apalagi saya yang orang Sumatra ini, kadang kangen makan pempek, yang mana di sini ada, tapi rasanya biasa dan mahal. Suka makan nasi padang, yang mana, di sini warung makan padang yang enak rasanya cuma ada satu merek. Kadang pengen sarapan nasi uduk dan lontong sayur khas padang, yang mana saya belum pernah ketemu satu pun.

                Jadi tempat makan enak di postingan ini, ya menurut versi saya yang memang lidahnya belum menyatu dengan menu banjar atau Kalimantan yang didominasi rasa manis. Dan walaupun suami saya orang Kalimantan, Alhamdulillah, seleranya mirip dengan selera saya. Apalagi saya dan suami memang hobi jajan makanan di luar. Kadang kami kebosanana, mau makan di warung makan yang mana lagi. Tak banyak referensi di website. Ada sih, kebanyakan review di instagram. Saya juga pernah melihat review urutan restoran menurut tripadvisor, ternyata juga banyak yang gak sesuai ekspektasi.  Karena itu saya  bikin postingan ini. Salah satu warung makan murah di Samarinda. Semoga membantu dan bisa jadi bahan referensi.

                Kembali ke review makanan. Warung makan Ayam Goreng Surasama ini cukup baru, kayaknya baru setahunan.  Menu andalannya ayam gorem bumbu lengkuas.  Enak, ayamnya lembut, bumbu terasa banget, dan yang bikin tambah enak itu sambelnya. Sambelnya di lidah saya terasa sangat pedas.  Kalau makan di tempat boleh diambil sesuka hati. Yang bikin saya jadi sering makan Ayam Goreng Surasama ini, karena punya anak balita. Kalau di bawa ke warung makan padang, suka bingung dia mau dikasih makan apa. Lauk goreng-gorengan di Warung Padang cenderung digoreng kering banget dan keras.
                Banyak juga saya lihat yang makan di sini rata-rata keluarga dengan anak kecil. Ayam Surasama ini memang bisa jadi pilihan. Apalagi kalau sudah bosan dengan ayam goreng tepung di restoran fastfood. Harganya pun lebih murah. Pelayanan cepat. Ada pilihan lauk lain, kayak ikan lele dan ikan nila.  Belakangan, di Ayam Goreng Surasama ini juga ada menu nasi goreng. Saya pernah mencoba sekali. Dan rasanya mengecewakan.  Lebih enak nasi goreng buatan saya J. Oiya, ayam goreng surasama ini juga sudah tersedia di Go-Food.
warung ayam goreng lengkuas surasama samarinda
Ayam Goreng Surasama- Samarinda




*disclaimer  : postingan ini tidak berbayar. Dan murni pengalaman pribadi penulis. Tanda # pada judul hanya menunjukkan urutan postingan, bukan peringkat rumah makan di Kota Samarinda. 

0 comments:

Post a Comment

thanks for your comment.

will be shown after moderation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.ericstrins.com . Powered by Blogger.