Apa Obat Sariawan yang Paling Ampuh ?

Sariawan itu penyakit ringan yang sangat mengganggu. Bikin susah makan, susah bicara, susah tidur, bahkan dalam kondisi diam saja bikin nyeri.

Anehnya, sariawan seringkali muncul tanpa sebab yang jelas.  Kemunculannya pun bisa berulang dan dapat menyerang siapapun. Siapa manusia dewasa di dunia ini yang belum pernah mengalami sariawan?. Anehnya lagi, siapa manusia di dunia ini yang rela ke dokter Cuma untuk konsultasi sariawan?.  Setidaknya kalau saya mikir puluhan kali mau konsul ke dokter ‘hanya karena’ sariawan.
Bagaiman jika terkena sariawan?. Rata-rata dari kita akan mencari sendiri obat yang diperlukan. Self medication atau swa medikasi istilahnya.

Lalu apa obat sariawan yang paling ampuh ?. Well, berikut beberapa obat yang bisa dipilih jika terserang sariawan. Mulai dari yang paling murah hingga malah. Saya sebut merek saja, jadi lebih gampang bagi Kawan kalau mencari obatnya ke Apotek atau drugstore terdekat. Tulisan ini juga bukan iklan. Pure pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki. Semoga membantu.

1. GOM adalah obat pilihan pertama saya kalau sariawan. Bentuknya kecil, imut-imut dan harganya murah, hanya sekitar 5000-6000 rupiah.  Sensasi yang muncul saat dioleskan ke luka sariawan pun tak terlalu perih. Hanya perlu dua sampai tiga kali pakai, efeknya akan langsung terasa. Gom ini berisi boraks gliserin 10%.

Gom boraks gliserin obat sariawan
gom


2. Kenalog in oral base yang merupakan obat premium untuk sariawan. Karena harganya yang tergolong mahal dan efeknya yang sangat ampuh. Isi Kenalog in Oral base adalah Triamcinolone Acetonide yang masih masuk golongan kortikosteroid. Obat golongan kortikosteroid memang salah satu efeknya adalah meringankan inflamasi (peradangan).  Nah kenalog in oral base ini bekerja meringankan peradangan, berupa sariawan, yang terdapat di dalam mulut.  Selain bahan aktifnya, basis (bahan pembawa) pada Kenalog ini juga mampu mengurangi rasa sakit karena  mampu menutupi lesi (luka terbuka).  Basis pada kenalog ini terdiri dari gelatin (bovine), Pullulan, Sodium CMC dan Plastibase  55W.
Kenalog in oral base ini bentuknya berupa salep yang dioleskan pada tempat sariawan.  Tidak menyebabkan perih dan sangat ampuh. Saya pakai Kenalog ini kalau sariawan yang saya alami sangat parah  (sariawan terdapat di beberapa tempat), sariawan sangat besar dan terasa perih, atau sariawan datang  berulang dalam jarak singkat. Baru sembuh dua hari, sariawan muncul lagi. Harga obat ini lumayan menguras kocek, sekitar 60 sampai 70 ribu untuk 5 gram salep. Setidaknya kalau Kawan membandingkan harga kenalog in oral base dengan harga Gom yang tak sampai 10 ribu rupiah, tentu obat ini tergolong mahal.

3. Enkasari merupakan obat sariawan ‘pemain lama’. Sesuai dengan slogannya, “ terbuat dari bahan-bahan alami”, Enkasari ini bisa dibilang ramuan yang terdiri dari beberapa ekstrak tanaman. Enkasari ini  berisi ekstrak akar kayu manis (Liquiritiae radix), daun saga (Abrus precatorius), dan daun sirih (Piper bettle folia).  Berbeda dengan obat sariawan yang dioleskan, Enkasari digunakan dengan cara dikumur dan dapat ditelan. Selain mengobati sariawan, Enkasari juga memberi efek adem dan mengurangi panas dalam yang sering muncul bersamaan dengan sariawan. Secara ilmiah, Daun Saga dan akar kayu manis terbukti menyembuhkan panas dalam dan meredakan radang (sariawan menyebabkan peradangan di dalam mulut), sementara daun sirih berfungsi sebagai antiseptik.

kotak enkasari obat sariawan
Enkasari

kemasan enkasari obat sariawan




4. Albothyl. Ini juga obat sariawan pemain lama. Bahkan sekarang albothyl di inovasikan tidak hanya untuk menyembuhkan sariawan. Saya jarang pakai albothyl.  Dulu saya pernah nyoba, waktu itu albothyl nya langsung saya teteskan di area sariawan.  Sensasi yang timbul terasa  perih sekali. Akhirnya saya jera. Sekarang (katanya) formula albothyl sudah disempurnakan sehingga tidak terasa perih lagi. Saya belum pernah coba lagi.  pemakaian albothyl bisa juga diencerkan dulu di dalam air baru dikumur-kumur atau dioleskan di tempat sariawan dengan menggunakan cotton bud.  Albothyl sebagai obat sariawan memiliki efek sebagai antiseptic dan bekerja menutup luka terbuka pada sariawan. Selain mengobati sariawan, albothyl juga bisa digunakan sebagai antiseptic untuk membersihkan luka atau membersihkan vagina.  Jadi meskipun harganya tergolong mahal, sekitar 30 ribu untuk 5 ml, albothyl dapat digunakan untuk berbagai macam manfaat.
albotyl obat sariawan produksi pharos
albothyl
----update Februari 2018---------
Jadi menyusul penarikan albothyl terkait indikasi sebagai obat sariawan yang ternyata banyak menimbulkan komplain. Albothyl sendiri masih bisa digunakan sebagai pembersih vagina dan luka. Sebenarnya apa yang dilakukan BPOM ini terkait hasil evaluasi post market surveilance atau ada yang menyebut uji klinik fase  IV. Jadi obat yang sudah terbukti aman dan di acc untuk dijual di pasaran pun, tetap diawasi. Apabila muncul kasus-kasus tertentu atau ada pelaporan terkait aspek keamanan obat, maka otoritas pengawas obat (BPOM) akan menindaklanjuti laporan tersebut. Dan ini yang terjadi pada albothyl, dimana ada laporan mengenai efek-efek yang tidak diinginkan, ditindaklanjuti, dan akhirnya diputuskan albothyl sementara waktu ditarik dari peredaran. 

5. Satu lagi, obat kumur. Memang obat kumur (gargle) ini fungsi utamanya bukan untuk menyembuhkan sariawan. Tapi lebih untuk memelihara kebersihan mulut.  Kombinasi obat kumur dan obat sariawan juga bagus. Atau kalau sudah ada tanda-tanda bakal sariawan, Kawan harus langsung rajin-rajin berkumur dengan mouthwash, seperti Betadine mouthwash/ betadine gargle atau merek-merek lainnya, agar sariawan urung timbul.

betadine obat kumur sariawan
betadine gargle

Well, sekian review beberapa obat sariawan yang bisa Kawan pilih. Semoga bermanfaat :)

Samarinda,  Agustus 2017


0 comments:

Post a Comment

thanks for your comment.

will be shown after moderation

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.ericstrins.com . Powered by Blogger.